Bahan Finishing

Bahan Finishing

Untuk menunjang hasil akhir sebuah kitchen set murah, bahan material yang digunakan dilapisi bahan finishing agar tampilannya lebih indah. Bahan ini pula yang melindungi material biasa agar tahan lama dan terhindar dari zat yang dapat merusak. Sebaiknya bahan yang digunakan benar-benar berkualitas.

HPL High Pressure Laminate
TACO HPL atau High Pressure Laminate adalah pelapis interior yang biasa digunakan untuk melapisi meja, kursi, meubel furniture, dinding, lantai, dll pengganti melamin dan duco. Dengan motif beraneka macam serat kayu, marmer, kaligrafi, warna solid dll. HPL dibuat dari craft paper yang dilaminating dengan tekanan tinggi dan system oven. Perawatan HPL cukup dengan dilap memakai air biasa tanpa zat kimia. HPL memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan jenis finishing lainnya, diantaranya sebagai pengganti kayu, memperindah ruangan atau barang-barang furniture, kuat selama pemakaian normal (tidak dibanting/dilempar), tahan air karena bahan utamannya resin yang memang tahan air, jikalau terkena percikan air/cairan sebainya segera dibersihkan/dilap,
Lapisi meubel lemari interior anda dengan HPL, tidak berbau mudah di pasang dan hasil merata dibandingkan menggunakan system cat melamin atau duco yang bau, sulit disemprot dan warna tidak merata.
memiliki keunggulan pada kekuatan dan tingkat elastisitasnya. Ini diakibatkan oleh serat dari campuran akrilik dan kayu yang dimilikinya. Sifatnya yang kuat dan elastis membuat bahan ini mudah untuk ditekuk sehingga sangat baik untuk melapisi tepian lem
Ada beberapa keunggulan/kelebihan bahan HPL daripada bahan yang lain seperti tacosheet sebagai bahan finishing furniture untuk Kitchen Set, diantaranya :

1. Kuat
HPL ini memiliki tekstur tebal dan kaku sehingga sangat kuat dan tahan terhadap panas matahari ataupun kena air. Cocok digunakan untuk penggunaan luar ruangan (outdoor). Asalkan tidak dibanting atau dilempar ya hehehe…

2. Tahan api dan air
Berdasarkan pengalaman tukang kami, HPL ini bisa tahan api jika terjadi kebakaran ringan sehingga sangat aman dalam menjaga perabot jualan anda. Selain itu, juga tahan air sehingga tidak mudah terkelupas lapisan HPLnya.

3. Tersedia banyak corak dan warna
Jika anda bosan dengan warna yang monoton, HPL ini merupakan pilihan yang tepat karena banyak sekali tekstur yang bagus dan menarik untuk dilihat. Pastinya anda tidak kecewa dengan bahan finishing yang satu ini

TAKOSHEET
merupakan bahan sintetis yang permukannya sedikit bertekstur. Pilihan variasi warna yang ada di pasaran cukup banyak. Bahan ini mudah dibersihkan apabila terkena noda dan minyak, namun memiliki kelemahan warna yang berubah menjadi kekuningan dan motif yang pudar jika digunakan dalam waktu lama pada kitchen set.
TACON – TACOSHEET merupakan bahan sintetis yang permukannya sedikit bertekstur. Pilihan variasi warna yang ada di pasaran cukup banyak.Bahan ini mudah dibersihkan apabila terkena noda dan minyak, namun memiliki kelemahan warna yang berubah menjadi kekuningan dan motif yang pudar jika digunakan dalam waktu lama.Sama seperti Decosheet, terbuat dari plastik.kekurangan lainnya dari pelapis ini adalah tidak tahan panas, warna yang mudah memudar dan berubah menjadi kekuningan sehingga mengurangi keindahan perabot kayu anda.

Berbentuk gulungan dengan tinggi 120 cm, tebal kurang dari 1 mm, sedang panjangnya tidak terbatas.Variasi motif cukup banyak dan permukaannya bertekstur.

CAT DUCO
Jasa Finishing Cat Duco kayu

Finishing Duco atau merupakan salah satu cara untuk memperindah dan membuat finishing pada Pintu, jendela, kitchen set, lemari dan perabot furniture lainnya. Teknik duco ini adalah mengecat furniture/material mentah dengan menggunakan cat yang disemprotkan dengan menggunakan alat yaitu berupa mesin kompresor dan Spray Gun. Teknik duco ini hampir sama dengan sistem pengecatan pada mobil. Teknik ini juga sering diterapkan pada kusen, daun pintu jendela, lemari, kitchen set, dipan, bufet, furniture , serta bagian bangunan lainnya yang berbahan kayu. Selain itu, finishing cat duco ini dapat juga diaplikasikan kedalam bahan material multipleks, blockboard, maupun MDF.Kelebihan dari teknik finishing cat duco adalah:
Lebih fleksibel, karena bisa diterapkan pada semua jenis material kayu furniture/mebel bahkan bisa di terapkan pula pada bahan yang mengandung unsur fiber dan besi.Pilihan warnanya tak terbatas, karena cat bisa dicapur untuk mendapatkan warna tertentu.Memberikan hasil yang terlihat fancy ataupun mewah.Hasil akhir dapat disesuaikan, apakah tampak glossy (mengkilap) maupun doff (redup).Sementara kelemahan teknik adalah:
Waktu pengerjaannya relatif lama, karena ada banyak proses yang harus dilalui.Harga finishing ini relatif mahal karna bahan-bahannya yang tergolong mahal dan proses pengerjanan yang memakan waktu lama.Daya tahan cat ini sangat tergantung pada ketebalan lapisan coating dan type cat yang digunakan.
Kekurangan finishing cat duco adalah harganya relatif mahal. Apabila sudah dicat, serat asli tidak bisa dikembalikan lagi dan masih sangat tergantung dengan cuaca di dalam proses pengeringannya. Serta cat duco tidak bisa mengalami pengecatan berulang karena akan merubah tingkatan gradasi warna.

happy wheels
Share this

adipro

You may also interested

Add your comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

3 × four =